Kebijakan Pengelolaan SDM

Kebijakan pelaksanaan program tanggung jawab sosial Bank Jateng terhadap pegawai didasarkan pada peraturan ketenagakerjaan yang berlaku, yaitu Standard International Labour Organization (ILO), dan Code of Conduct Bank Jateng sesuai dengan Surat Keputusan Direksi No.0420/ HT.01.01/2016 tanggal 21 September 2016 tentang Kode Etik Insan Bank Jateng. Selain itu, Bank Jateng juga menerapkan beberapa kebijakan mengenai pegawai dan K3 yang diatur dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang merupakan kesepakatan antara manajemen Bank Jateng dengan Serikat Pegawai dan telah disahkan melalui Keputusan Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Nomor 5587/2015 tanggal 19 Oktober 2015. Di dalam PKB tersebut telah diatur tentang Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lindungan dengan tujuan untuk melindungi setiap orang, aset perusahaan, lingkungan dan komunitas sekitar dari potensial bahaya yang berhubungan dengan kegiatan Bank Jateng.

Kebijakan tanggung jawab Bank Jateng terhadap pegawai turut direalisasikan melalui internalisasi pedoman fasilitas kepegawaian, keberadaan kebijakan kesetaraan gender dan persamaan hak yang diatur dalam Kode Etik Bank Jateng, serta pemberian fasilitas kesejahteraan karyawan yang bersandar pada regulasi ketenagakerjaan yang berlaku.

Program Kesejahteraan Pegawai

Salah satu indikator yang dapat memotivasi produktivitas pegawai adalah kesejahteraan. Hal ini bukan hanya ditujukan untuk memacu produktivitas pegawai, tetapi juga memacu pegawai untuk mengoptimalkan penorehan prestasi dan target kerjanya sepanjang tahun.

Hal lainnya yang dapat memacu kesejahteraan pegawai adalah dengan melaksanakan kenaikan gaji pegawai secara berkala yang diberikan setiap tahun sesuai dengan bulan pengangkatan pegwai, kenaikan tunjangan pegawai, pemberian bonus, promosi atau kenaikan jabatan dan memberikan penghargaan kepada pegawai yang berprestasi dengan memperhitungkan kinerja dan pencapaian karyawan. Adapun program kesejahteraan pegawai yang disiapkan Bank Jateng, antara lain meliputi:

  1. Kenaikan Gaji Secara Berkala
  2. Kenaikan Tunjangan Pegawai
  3. Pemberian Bonus Insentif
  4. Pemberian Promosi atau Kenaikan Jabatan
  5. Penghargaan Masa Kerja Pegawai
  6. THR
  7. Fasilitas kesehatan
  8. Pemberian Uang Pakaian Dinas
  9. Car Ownership Program (COP) bagi Pejabat

Pendidikan dan Pelatihan Pegawai

Perseroan melakukan berbagai program pendidikan dan pelatihan kepada pegawai dengan tujuan untuk memperoleh SDM yang bekualitas dan unggul sehingga Perseroan diharapkan memiliki kemampuan untuk bersaing. Bank Jateng juga menerapkan kebijakan pemberian kesetaraan dalam pemberian kesempatan untuk tumbuh yang berimplikasi terhadap peningkatan pencapaian kinerja usaha Bank. Beberapa bentuk pendidikan dan pelatihan yang telah dilaksanakan antara lain program pendidikan karier, pendidikan profesi, keterampilan, kursus, pelatihan, penataran, seminar, lokakarya, serta pelatihan manajemen dan teknis yang disesuaikan dengan kebutuhan Perseroan.

Pengembangan Minat Pegawai

Bank Jateng mendukung penyaluran bakat dan hobi pegawai sebagai salah satu aspek pengembangan kualitas dan karakter pegawai melalui pemberian fasilitas olahraga dan seni budaya serta pengembangan nilai keagamaan.

Adapun program pengembangan minat pegawai yang dilaksanakan antara lain sebagai berikut.

  1. Pemberian fasilitas olahraga, diantaranya olahraga futsal, bola voli, tenis lapangan, tenis meja, senam pagi, golf, termasuk mengadakan turnamen antarpegawai.
  2. Pemberian fasilitas seni budaya, di antaranya penyediaan alat musik bagi pegawai, pembentukan grup musik, pengadaan lomba foto, lomba tari, lomba menyanyi, lomba melukis, dan lomba seni budaya
    lainnya.

Selain itu, Perseroan rutin menyelenggarakan kegiatan keagamaan bagi pegawai serta menyediakan fasilitasi ibadah dalam bentuk sebagai berikut:

  1. Menyediakan tempat ibadah dan menyelenggarakan kegiatan ibadah seperti sholat berjamaah, sholat jumat, dan lain-lain
  2. Mengadakan pengajian rutin
  3. Program pelepasan jamaah haji