Taspen Smart Card Bank Jateng Mudahkan Penerima Pensiun Tanpa Antre

Layanan Taspen Smart Card yang disediakan Bank Jateng bekerja sama dengan PT Taspen, memberikan banyak kemudahan bagi para PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang sudah memasuki masa pensiun. Dengan fasilitas tersebut, abdi negara yang purna tugas bisa menerima hak pensiunnya langsung ke rekening masing-masing tanpa perlu antre di counter bank.

Fasilitas tersebut bisa dinikmati pemegang Taspen Smart Card Bank Jateng karena otentifikasi penerima pensiun dapat dilakukan dari rumah menggunakan telepon seluler. Caranya, dengan mengunduh dan menginstal aplikasi “Otentifikasi Taspen” pada Play Store untuk handphone Android dan App Store untuk gadget yang sistem operasinya memakai IOS (iPhone Operating System).

Berbekal aplikasi tersebut, para wredatama hanya perlu duduk di rumah, membuka aplikasi dan memasukan Nomer Taspen atau NOTAS, kemudian tekan otentifikasi dan ikuti perintah selanjutnya. Disarankan posisi duduk berada di ruang dengan pencahayaan yang baik, sehingga proses otentifikasi bisa sempurna. Disarankan untuk membesarkan volume suara handphone agar komunikasi berlangsung baik.

Pengoperasian selanjutnya adalah menghadapkan wajah pada kotak di layar handphone, selanjutnya anggukan kepala secara perlahan, kemudian ucapkan huruf “A”dengan jelas, dan kemudian kedipkan mata untuk otentifikasi retina. Setelah itu akan muncul jawaban “otentifikasi berhasil”. Begitu pemberitahuan itu muncul, pada saat yang sama gaji pensiun sudah masuk ke rekening yang bisa diambil dengan Taspen Smart Card Bank Jateng yang selain berfungsi sebagai identitas juga memiliki fungsi sebagai kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri).

Perlu diketahui Taspen Smart Card memang dirancang mirip dengan ATM, dan bisa digunakan di semua ATM Bank Jateng dan ATM jaringan kerja samanya. Kartu Taspen Bank Jateng selain sebagai ATM juga memiliki fasilitas sebagai alat pembayaran di beberapa merchant (penjual barang dan jasa terdaftar) yang memiliki fasilitas pembayaran non-tunai.

Bank Jateng juga memberikan fasilitas tambahan dengan menyertakan Taspen Smart Card dalam program promo dan diskon belanja di beberapa merchant terpilih. Tentu untuk masa dan periode tertentu, tergantung program yang tersedia.

Taspen Smart Card adalah kartu yang diterbitkan oleh PT Taspen bekerja sama dengan seluruh bank pemerintah, termasuk Bank Jateng untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi para pegawai purna tugas. Di era digital, proses pembayaran pensiun pun disempurnakan dan dimudahkan dengan jaringan online yang ada.

Selain menjadi identitas, alat otentifikasi dan ATM, Taspen Smart Card yang dibuat sama di seluruh Indonesia juga dipakai oleh PT Taspen sebagai alat kontrol keberadaan para penerima hak pensiun. Karena itulah, otentifikasi menjadi bagian penting dari proses pencairan dana pensiun, agar tidak disalahgunakan.

Dalam konteks layanan Bank Jateng, untuk penerima pensiun lama yang memiliki BPD Card yang masih aktif, diwajibkan mengganti dengan Taspen Smart Card Bank Jateng. Jika terjadi kerusakan atau kehilangan, pemilik wajib melapor ke Bank Jateng untuk diterbitkan kartu pengganti dengan membayar biaya kartu.

Sementara untuk para calon penerima pensiun baru, untuk memiliki Taspen Smart Card Bank Jateng diwajibkan membuka Tabungan Bima Kencana sebagai syarat awal. Sampai saat ini, di Jawa Tengah sudah  sekitar 200 ribu Taspen Smart Card yang diterbitkan Bank Jateng dan PT Taspen. **