Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia mengindikasikan penjualan eceran tumbuh meningkat

  • Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia mengindikasikan penjualan eceran tumbuh meningkat pada Juli 2018. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) yang tercatat sebesar 2,9% (yoy) pada Juli 2018, meningkat dibandingkan dengan 2,3% (yoy) pada Juni 2018. Berdasarkan kelompok komoditas, meningkatnya penjualan eceran terutama didorong kinerja penjualan kelompok komoditas Sandang dan kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor. Penjualan eceran diprakirakan tetap tumbuh stabil pada Agustus 2018. Hal itu tercemin dari IPR yang diprakirakan tumbuh sebesar 2,8% (yoy), relatif stabil dibandingkan dengan 2,9% (yoy) pada Juli 2018. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh penjualan pada kelompok sandang, perlengkapan rumah tangga lainnya, serta barang budaya dan rekreasi. Hasil survei mengindikasikan peningkatan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang (Oktober 2018). Indikasi tersebut tercermin dari kenaikan Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang menjadi sebesar 140,2 dibandingkan dengan 135,8 pada bulan sebelumnya.

EKONOMI GLOBAL

 

  • Sempat terkoreksi, pada hari ini indeks dollar kembali mendapat katalis penggerak dari rilis data indeks harga konsumen (PPI) AS pukul 17.30 WIB nanti. Selain itu, data ini juga akan menggerakkan harga emas yang selama ini belum mampu kembali bangkit untuk melewati level psikologis $1200. Jika data PPI tersebut dirilis lebih baik dari 0,2%, maka dollar punya potensi untuk menguat kembali dan harga emas tampaknya belum akan menguat. Energy Information Administration (EIA) kembali akan merilis laporan suplai minyak di AS. Semalam harga minyak menguat hingga lebih dari 3% setelah adanya ancaman badai besar – yang diperkirakan paling buruk – yang berdampak pada terganggunya suplai di kawasan North Carolina dan South Carolina.

Potensi Pergerakan

Emas

Penguatan harga emas tampaknya perlu konsisten bergerak di atas 1197 – 1198 untuk bisa bangkit ke atas 1200. Jika dollar kembali mendapat momentum penguatan dari rilis data PPI, maka pelemahan harga emas kembali mengincar support 1190 – 1189.

Minyak Mentah

Selama bergerak di atas support 69.15, penguatan harga minyak mentah berpeluang mengincar resisten 71.40 yang merupakan level tertinggi di bulan ini.

EURUSD

Euro sempat mendapat sentimen positif dari kabar bahwa Italia akan mengurangi hutang pada anggaran 2019, namun sentimen tersebut tampaknya belum bisa menahan penguatan EURUSD. Jika indeks dollar kembali menguat dan mendominasi pergerakan, maka pelemahan EURUSD lebih lanjut mengincar 1.1545. Resisten terdekat di level 1.1625.

GBPUSD

GBPUSD berpotensi mendapat tekanan pada hari ini setelah kemarin data tenaga kerja Inggris dirilis variatif. Pelemahan GBPUSD berpotensi mengincar support 1.2940 selama resisten terdekat di level 1.3050 tidak mampu ditembus.

USDJPY

Menguatnya pasar ekuitas telah menopang kenaikan USDJPY dan membukukan rally selama tiga hari beruntun. Jika rilis data PPI kembali menjadi katalis positif bagi dollar, maka kenaikan USDJPY berpotensi berlanjut untuk mengincar resisten terdekat di 111.75. Support terlihat di level 111.30.

AUDUSD

Pasca buruknya data indeks keyakinan konsumen di Australia, AUDUSD belum mampu keluar dari area level terendah sejak Februari 2016. Isu perang dagang nampaknya masih akan menekan pasangan ini. Jika mampu menembus ke bawah 0.7090, maka pelemahan lebih lanjut mengincar level 0.7065. Resisten terdekat di level 0.7130.

  • Berikut Indikator Ekonomi Indonesia yang kami update pada Rabu 12/09/2018 pukul 10.32 WIB :

Source:bloomberg/afp/xinhua/bi/ojk/kemenkeu/bps/reuters/antara/ibpa/kontan/bisnis/wartaekonomi/investordaily/bbc/kompas/liputan6

Divisi Treasury dan International – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah

Perhatian: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah, termasuk direksi dan karyawan tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul dari segala bentuk penggunaan informasi yang terdapat di dalam dokumen ini oleh penerima informasi dan akan membebaskan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah dari tuntutan atau upaya hukum apapun yang diakibatkannya.