Sosialisasi E-Retribusi Pasar Kepada Para Pedagang di Kabupaten Pemalang

Bank Jateng Pemalang berikan Sosialisasi E-Retribusi Pasar kepada para pedagang berkolaborasi dengan Bank Indonesia Tegal dan Pemda Kabupaten Pemalang

Sistem pemungutan retribusi secara elektronik atau E-Rettibusi akan menjadi solusi atas hambatan yg kerap dialami pemerintah daerah pada saat menghimpun iuran atau retribusi dari para warganya yang bermata pencaharian utama di pasar tradisional. Aplikasi yang disiapkan Bank Jateng ini juga akan memberikan kemudahan bagi masyarakat wajib retribusi dalam memenuhi kewajibannya sekaligus memberikan kepastian pada penerimaan daerah.

Adanya hambatan yang sering dihadapi pemerintah daerah seperti proses collecting yang lama hingga pengelolaan retribusi pasar yang masih bersifat manual, menyebabkan minimnya kontrol atas sumber-sumber pendapatan asli daerah. Kondisi itu dapat menyebabkan potensi kebocoran dana retribusi yang tinggi. Dengan adanya E-Retribusi pasar akan memudahkan pembayaran retribusi para pedagang pasar melalui sistem yang dikembangkan oleh Bank Jateng.

Adapun proses ny sangat mudah, pedagang cukup memiliki kartu E-Retribusi Bank Jateng yang dikelola oleh Pemerintah Daerah. Pedagang yang sudah terdaftar di pengelola pasar dapat melakukan top up kartu E-Retribusi ada ATM Bank Jateng,layanan teller, mobil kas keliling, dan perangkat electronic data capture (EDC) yang akan dikelola oleh petugas Bank Jateng yang berada di wilayah pasar. Setelah itu pedagang akan mendapatkan bukti transaksi berupa struk transaksi sebagai bukti telah memenuhi kewajiban pembayaran retribusi pasar.

E-Retribusi pasar memiliki fungsi yang sangat penting terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diharapkan menjadi salah satu sumber keuangan untuk pembiayaan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membangun ekonomi daerah. Dengan adanya E-Retribusi pasar, Bank Jateng juga turut mendukung gerakan transaksi non tunai yang di paparkan oleh Bank Indonesia dn juga memudahkan monitoring dan reporting retribusi pasar yang cepat , transparan, dan efisien.

Untuk tahap Bank Jateng Cabang Pemalang berkolaborasi dengan Bank Indonesia Tegal, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi memberikan sosialisasi kepada pedagang Pasar Paduraksa sebanyak 350 orang secara bertahap selama 8 hari dengan maksud setiap pedagang pasar paham akan pentingnya E-Retribusi pasar. Tahapan sosialisasi berikutnya dengan peserta pasar pagi Pemalang sebanyak +- 1000 pedagang selama 2 hari.

Tim Pemasar Cabang Pemalang – Indria Fajarini