Semua Tabungan di Bank Jateng Bisa Jadi Agunan Kredit

Semua produk tabungan yang ada di Bank Jateng bisa dijadikan agunan atau jaminan kredit. Saat ini ada lima produk tabungan Bank Jateng yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri sekaligus bisa menjadi jaminan pinjaman, yaitu Tabungan Simpeda, Tabungan Simpeda ABP (Antar Bank Pasiva), Tabungan Bima, Tabungan Bima ABP dan Tabungan Bima Platinum.

Kebijakan menjadikan tabungan sebagai agunan pinjaman dilakukan untuk mendorong masyarakat menyimpan uangnya di bank agar lebih aman, namun tetap memberikan manfaat yang maksimal kepada pemiliknya. Kebijakan ini juga membuka pemahaman baru, karena semula masyarakat hanya mengenal hanya deposito yang bisa dijadikan jaminan kredit melalui pola yang populer disebut back to back.

Adapun spesifikasi masing-masing jenis tabungan selain ditentukan setoran minimal dan saldo minimalnya, juga bagi peruntukannya. Untuk tabungan yang diperuntukkan bagi perorangan ada Tabungan Simpeda (Simpanan Pembangunan Daerah), Tabungan Bima (Bimbingan Masyarakat) dan Tabungan Bima Platinum. Ketiga produk tabungan itu bisa dilakukan penarikan sewaktu-waktu. Untuk Tabungan Bima mensyaratkan setoran awal Rp.50 ribu dan setoran selanjutnya minimal Rp 10 ribu, sedangkan Simpeda setoran awalnya Rp 10 ribu, dan setoran selanjutnya minimal Rp 5 ribu. Untuk Tabungan Bima Platinum setoran awal Rp.2,5 juta, setoran selanjutnya 100 ribu dan saldo minimal mengendap Rp. 1 juta. Nasabah wajib mengisi formulir aplikasi dengan fotocopy bukti diri KTP atau passport yang masih berlaku, sementara bagi warga negara asing (WNA) yang ingin menabung haru melampirkan izin domisili.

Selain bisa menjadi agunan kredit, keuntungan lain Simpeda adalah dapat melakukan transfer dan menerima transfer di seluruh bank di Indonesia. Pemilik Tabungan Simpeda juga diikutkan dalam undian dua kali dalam setahun dengan hadiah uang tunai.

Tabungan lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh perseorangan adalah Tabungan Bima. Keuntungan produk ini selain bisa diambil sewaktu-waktu dan online di seluruh kantor layanan Bank Jateng, setahun dua kali diikutkan undian yang berhadiah mobil, motor, dan emas.

Kalangan lembaga, dinas, koperasi, korporasi, organisasi dan yayasan memiliki pilihan yang lebih leluasa dalam pelayanan simpanan di Bank Jateng. Lima produk simpanan mulai dari Simpeda, Simpeda ABP, Bima, BIMA ABP dan Bima Platinum terbuka untuk dimanfaatkan. Kelima produk yang bisa dimanfaatkan oleh non-perorangan ini masing-masing memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri.

Simpeda ABP misalnya, merupakan produk yang uni karena didedikasikan untuk kalangan badan usaha atau corporate perbankan, mulai dari bank umum, BPR, UUS (unit usaha syariah), BPR Syariah, bank syariah dan badan usaha yang disetarakan dengan perbankan. Karena itu, biaya online tabungan dan tarik online tunai tidak dikenakan biaya alias gratis. Sementara untuk salinan rekening koran dan baki saldo hanya dikenakan biaya Rp 2.500 saja.

Tiga jenis varian produk simpanan yakni Bima, BIMA ABP dan Bima Platinum juga dapat menjadi pilihan yang menarik bagi lembaga, dinas, korporasi, yayasan maupun koperasi. Untuk Tabungan Bima, bagi non-perorangan disyaratkan dikenakan syarat tambahan. Untuk korporasi diminta melampirkan fotocopy bukti Identitas diri (e-KTP/Passport) pejabat atau pengurus atau yang diberi kuasa membuka rekening, fotocopy NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) badan usaha, fotocopy akte pendirian badan usaha.

Sedangkan untuk dinas, lembaga dan organisasi selain mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening juga diminta untuk melampirkan Surat Kuasa Bertindak atau Surat Penunjukan dari Lembaga/ Dinas/ Organisasi dimaksud yang dikeluarkan oleh Pejabat Yang Berwenang atau surat Pengangkatan sebagai Pejabat yang memiliki wewenang melakukan tindakan hukum termasuk Membuka Rekening di Bank.

Bagi instansi vertikal, pembukaan rekening mensyaratkan Surat Ijin Membuka Rekening dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Yang dimaksud instansi vertikal adalah lembaga, balai atau kantor operasional di bawah kementerian, lembaga, direktorat jenderal dan lainnya yang ada di daerah.

Untuk Tabungan BIMA ABP, syarat dan ketentuannya tak jauh berbeda dengan produk simpanan lain yang disediakan Bank Jateng. Namun untuk Bima Platinum, ada sedikit perbedaan, yaitu setoran awalnya sebesar Rp 2,5 juta, setoran selanjutnya Rp 100ribu dan saldo minimum tidak diambil satu juta rupiah. **