Rabu, 22 Januari 2020

 

  • Lelang SBN Semarak, Pasar Obligasi Di Pasar Sekunder Positif. Seluruh indeks return obligasi Indonesia bergerak menguat dengan kenaikan tertinggi dicatatkan oleh obligasi negara. Total volume transaksi obligasi di pasar sekunder naik tajam hingga +112,08% menjadi sebesar Rp29,13tn. Seri FR0082 ditransaksikan dengan total volume terbesar yakni Rp8,42tn. Performa positif pasar kemarin terpicu oleh semaraknya pelaksanaan lelang SBN yang berlangsung semarak dengan mencatatkan oversubscribed hingga 6,33 kali. Persepsi risiko di global kemarin terpantau meningkat tercermin dari CDS Indonesia tenor 5-tahun yang naik +1,52bps. Ditengah wait and see sidang pemakzulan Presiden Trump, pasar dibayangi pemangkasan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia tahun 2020 menjadi 3,3% dan penurunan peringkat utang Hong Kong dari Aa2/negatif menjadi Aa3/stabil. Pasar obligasi domestik berpeluang bergerak Ditengah wait and see pemakzulan Presiden Trump dan isu perlambatan ekonomi global, kekhawatiran akan adanya adu kekuatan militer antara AS dan Iran menjadi faktor yang dapat memicu harga bergerak variatif. Selasa pagi kemarin, Iran kembali menyerang kedubes AS di Baghdad, Irak.

EKONOMI GLOBAL

  • Sidang Pemakzulan Presiden AS dan kebijakan suku bunga dai Bank of Canada akan menjadi fokus utama pasar hari ini. Setelah laporan tingkat kepercayaan konsumen Australia versi Westpac, yang dirilis -1.8%, dipandang masing buruk karena tingkat kepercayaan pasar yang negatif terhadap produk lokal. Sidang pemakzulan Trump masih berlangsung di hari pertama, dengan permohonan dari Partai Demokrat AS, agar Senat mengijinkan dan melindungi tampilnya saksi-saksi penting yang sebelumnya telah memberikan pernyataan, tetapi menolak hadir sebagai saksi di depan sidang. Sidang pemakzulan Trump yang menunduh penggunaan kekuasaan secara berlebihan oleh Presiden AS ini, dijadwalkan berlangsung selama 6 hari kerja, dan bila tidak mencapai kesepakatan, akan diselesaikan dengan voting. Perkembangan dan hasil sidang dapat mempengaruhi pergerakan dolar AS dan berimbas pada mata nilai tukar mata uang dan komoditas lain. BOC akan merilis kebijakan moneter dan tingkat suku bunga terbaru di jam 22:00 WIB, diikuti konferensi Pers jam 23:30 WIB. Pasar mengestimasikan tingkat suku bunga BoC tetap pada level 1.75%, tetapi menantikan pernyataan dan laporan dari BoC, bila bernada dovish, berpeluang mengangkat USDCAD naik.

Potensi Pergerakan

EMAS
Penguatan dolar AS masih berpotensi menekan harga emas turun menguji support $1550 untuk jangka pendek. Level resisten pada kisaran $1560 – $1563. Perkembangan pada sidang pemakzulan Trump mungkin menjadi penggerak pasar.

MINYAK
Harga minyak berpeluang turun menguji support $57.80 untuk jangka pendek di tengah penguatan dolar AS. Level Resisten pada level $58.80.

EURUSD
Penguatan dolar di tengah berlangsungnya sidang pemakzulan Trump, berpeluang menekan turun EURUSD menguji support 1.1060 untuk jangka pendek. Level resisten pada kisaran 1.1100 – 1.1120.

GBPUSD
Bila bergerak turun menembus ke bawah level 1.3020, GBPUSD berpotensi turun menguji support 1.2995 untuk jangka pendek. Level resisten pada kisaran 1.3060 – 1.3085.

USDJPY
Bila penguatan dolar AS berlanjut, USDJPY berpeluang naik menguji 110.30 untuk jangka pendek. Level support pada kisaran 109.60 – 107.75.

AUDUSD
Setelah laporan tingkat kepercayaan konsumen yang buruk dan penguatan dolar AS, AUDUSD berpotensi turun menguji support 0.6820 untuk jangka pendek. Resisten pada kisaran 0.6850 – 0.6875.

  • Berikut Indikator Ekonomi Indonesia yang kami update pada Rabu, 22 Januari 2020 pukul 10.31 WIB :

Source:bloomberg/afp/xinhua/bi/ojk/kemenkeu/bps/reuters/antara/ibpa/kontan/bisnis/wartaekonomi/investordaily/bbc/kompas/liputan6

Divisi Treasury dan International – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah

Perhatian: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah, termasuk direksi dan karyawan tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul dari segala bentuk penggunaan informasi yang terdapat di dalam dokumen ini oleh penerima informasi dan akan membebaskan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah dari tuntutan atau upaya hukum apapun yang diakibatkannya.