Kenapa Dana Pensiun harus dipersiapkan di Usia Muda?

Sebagai seorang anak muda yang memiliki perencanaan keuangan yang baik maka salah satu tabungan yang harus disiapkan sejak dini ialah dana pensiun. Untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup yang mencukupi di usia pensiun, maka dana pensiun adalah salah satu rencana yang harus dipersiapkan selain dana darurat, investasi, dan asuransi. Semakin muda memulai, semakin sejahtera kemudian.

Kenapa Memilih DPLK Setia?

Bank Jateng menjadi salah satu pengelola DPLK sejak tahun 1994 menjadikan DPLK sebagai pengelola Dana Pensiun yang terpercaya. Dengan kebebasan pilihan usia pensiun,setoran iuran yang fleksibel, pengembangan yang optimal sesuai potensi risiko, tanpa denda keterlambatan iuran, dan setoran awal yang fleksibel membuat DPLK Setia digemari kalangan usia produktif di Jawa Tengah.

Siapa saja yang bisa memiliki DPLK Setia?

  1. Perorangan (Peserta Individu)
    Membuka secara mandiri untuk diri sendiri bisa dilakukan oleh nasabah di kantor Bank Jateng terdekat. Untuk mempermudah proses setoran iuran maka Bank Jateng memberikan opsi autodebet dari rekening tabungan di Bank Jateng langsung ke rekening DPLK Bank Jateng.
  2. Perusahaan (Peserta kelompok)
    Bagi kamu pemilik usaha yang ingin memberikan fasilitas Dana Pensiun, DPLK Setia bisa menjadi pilihan dengan melakukan pendaftaran di kantor Bank Jateng terdekat secara kelompok. Bagi perusahaan yang memiliki rekening di Bank Jateng agar sistem autodebet masuk ke rekening pegawai bisa lebih memudahkan perusahaan dalam melakukan pengelolaan. DPLK Setia terbuka untuk pengelolaan program pensiun bagi Perusahaan/ Instansi/ Yayasan/ Lembaga. Untuk informasi lebih lanjut mengenai peserta kelompok silahkan hubungi Bank Jateng terdekat.

Keuntungan

Berbagai keuntungan akan diperoleh peserta, yaitu :

  • Bebas Biaya pendaftaran
  • Bebas menentukan usia pensiun, dengan pilihan usia pensiun normal mulai dari 40 th.
  • Fleksibel pengaturan setoran iuran dari jumlah dan frekuensi, setoran minimal setoran iuran dapat dilakukan melalui autodebet dari rekening tabungan di Bank Jateng, Transfer dari ATM Bank Jateng, dan Transfer dari bank lain.
  • Dana aman dan pengembangan dana setara deposito, pengelolaan yang dilakukan oleh DPLK Setia adalah kelola keuangan resiko rendah yang hampir setara dengan deposito.
  • Bebas pajak selama masa kepesertaan, iuran dan pengembangan milik peserta mendapat fasilitas pajak ditunda selama masa kepesertaan.
  • Tersedia fasilitas penarikan dana pensiun, minimal setelah 2 (dua) tahun masa kepesertaan maka nasabah bisa melakukan penarikan dana sesuai syarat dan ketentuan berlaku.
  • Perlindungan kecelakaan diri, peserta DPLK dilindungi Asuransi Jiwa.

Manfaat

Berbagai manfaat yang dapat dipilih, yaitu :

  • Pensiun Normal, diberikan kepada peserta pada saat mencapai usia pensiun yang dipilih pada awal kepesertaan.
  • Pensiun Dipercepat, diberikan kepada Peserta pada saat mencapai usia minimal 10 (sepuluh) tahun sebelum usia pensiun normal dan berhenti dari kepesertaan.
  • Pensiun Cacat, diberikan kepada peserta apabila yang bersangkutan dinyatakan cacat tetap oleh dokter.
  • Pensiun Ditunda, merupakan hak peserta apabila berhenti menyetor iuran sebelum usia pensiun dipercepat karena berhenti bekerja atau tidak mempunyai pekerjaan lagi. Manfaat Pensiun diberikan kepada peserta saat mencapai usia Pensiun Dipercepat.
  • Pensiun Meninggal Dunia, dalam hal peserta/ pensiun meninggal dunia, maka Manfaat Pensiun diberikan kepada Janda/ Duda/ Ahli waris.

Layanan Setoran Iuran

Autodebet Rekening Bank Jateng

Bisa dilakukan jika nasabah sudah memiliki rekening tabungan di Bank Jateng dan melakukan registrasi pada saat melakukan pembukaan DPLK Setia Bank Jateng di kantor Bank Jateng dengan minimal Rp 50.000,-/ bulan. Untuk perubahan nominal auto debit silahkan datang ke kantor Bank Jateng terdekat.

Manual Rekening Bank Jateng/ Bank Lain

Jika nasabah ingin melakukan setoran iuran secara manual (bukan autodebet) atau penambahan saldo diluar setoran iuran autodebet juga bisa dilakukan dengan  melalui transfer dari rekening Bank Jateng/ Bank lain. Dengan cara sebagai berikut :

  • Transfer Bank Jateng via ATM
    Cara melakukan setoran dari menu Virtual Account ATM :
    1. Pilih menu “Pembayaran”
    2. Pilih menu “Iuran DPLK”
    3. Kode "D" diganti 53714 (angka dibaca “SETIA”)
    4. Susunan input = 53714 + Nomer Account DPLK. Contoh : 5371403412345
    5. Masukkan nominal setoran, tekan selanjutnya
    6. Masukkan PIN
    7. Transaksi selesai, resi terbit
  • Transfer Bank Lain
    Cara Top Up dari Bank Lain (via ATM/ Mobile Banking/ Internet Banking) :
    1. Pilih menu “transfer bank lain”
    2. Masukkan 113 kode Bank Jateng
    3. Kode "D" diganti 53714 (angka dibaca “SETIA”)
    4. Susunan input = 113 + 53714 + Nomer Account DPLK. Contoh : 1135371403412345
    5. Masukkan nominal setoran, cek konfirmasi setoran, pilih selanjutnya
    6. Masukkan PIN, transaksi berhasil
    7. Bukti transaksi diterima
    8. Untuk beberapa mobile banking dari bank lain dapat dilakukan penjadawalan transaksi sehingga secara langsung bersifat autodebet sesuai keinginan.

Syarat & Ketentuan

Kepesertaan DPLK Setia dapat diikuti setiap orang, baik sebagai Peserta Individu/ kelompok dengan ketentuan :

  • Minimal berusia 18 Tahun
  • Mempunyai penghasilan
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Setoran awal fleksibel
  • fotokopi identitas diri (e-KTP / Paspor)
  • fotokopi kartu keluarga (data keluarga)
  • fotokopi NPWP

Pendaftaran dapat dilakukan di kantor cabang dan cabang pembantu Bank Jateng.

Tentang DPLK Setia Bank Jateng

DPLK Setia (Sejahtera Tiada Akhir) didirikan oleh PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah dan telah mendapatkan pengesahan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor KEP 087/KM.17/1994 tanggal 21 April 1994 tentang Pengesahan Peraturan Dana Pensiun dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah.