Penarikan Undian Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah Se-Indonesia (BPD SI) Periode II Tahun 2018

SOLO – RIUH kegembiraan mewarnai penarikan undian Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah Se-Indonesia (BPD SI) Periode II tahun 2018 bertajuk “Panen Rejeki Bank BPD 3 Miliar” yang digelar di Ballroom Hotel Alila Solo, Jumat (22/2/2019).

Kegembiraan itu dari raut wajah 26 diressi dan pimpinan BPD se-Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (ASBANDA) dan sekitar 1500 nasabah Bank BPD yang hadir saat itu. Lantaran mereka terhibur dengan lantunan suara emas Bunga Citra Lestari (BCL) dan Tompi yang tampil dalam konser special tersebut.

Disamping itu, sejumlah nasabah mendapatkan keberuntungan karena namanya keluar sebagai pemenang dan berhak atas uang senilai total Rp 3 miliar. Adapun nilai hadiah tersebut terdiri atas hadiah utama senilai Rp 500 juta untuk 1 orang pemenang, kemudian hadiah kedua masing-masing Rp 100 juta untuk 4 pemenang, dan 26 pemenang hadiah ketiga masing-masing Rp 50 juta.

Selanjutnya hadiah keempat senilai masing-masing Rp 5 juta untuk 26 pemenang, hadiah kelima masing-masing Rp 2,5 juta untuk 26 pemenang, hadiah keenam masing-masing Rp 2 juta untuk 52 pemenang, hadiah ketujuh masing-masing Rp 1,5 juta untuk 104 pemenang, dan hadiah kedelapan masing-masing sebesar Rp 1 juta yang dibagikan kepada 345 pemenang.

Berhasil mendapatkan hadiah utama sebesar Rp 500 juta adalah nasabah dari Bank Bali. Hadiah grand prize kedua masing-masing sebesar Rp 100 juta untuk 4 nasabah, yaitu nasabah dari Bank Jateng, Bank Bali, Bank Sultra, dan Bank Jatim.

“Undian Simpeda rutin diselenggarakan dua kali dalam setahun oleh Asbanda dan BPD Seluruh Indonesia. Undian dilaksanakan setiap tahunnya dari provinsi ke provinsi. Pada tahun sebelumnya undian diselenggarakan di Nusa Tenggara dan Jawa Barat. Lalu pada tahun 2018 undian digelar di Sulawesi Utara dan Bandar Lampung. Tahun ini Jawa Tengah sebagai tuan rumah Undian Nasional Tabungan Simpeda Periode ke-2 Tahun 2019,” kata Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno.

Ketua Umum Asbanda Kresno Sediarsi, menambahkan, Tabungan Simpeda yang menjadi dasar penarikan undian ini merupakan produk pemersatu BPD seluruh Indonesia. “Jumlah nasabah sampai dengan akhir Desember 2018 berjumlah 7.653.175 penabung, dengan saldo Simpeda sebesar Rp 57, 78 triliun,” kata dia.

Seminar Nasional

Sebelum pengundian, pada hari yang sama, Asbanda menggelar seminar nasional Bank Pembangunan Daerah Se-Indoensia dalam tema “Peran BPD SI Dalam Mendukung Program Optimalisasi Penerimaan Daerah” di Hotel The Sunan Solo.

Hadir sebagai keynote speaker dalam seminar itu, Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang memberikan beberapa catatan terkait peran BPD dalam mengoptimalisasikan penerimaan daerah sebagai pendukung pembangunan yang dilaksanakan. Sedangkan pembicara dalam diskusi adalah Koordinator Wilayah KPK Adiansyah Malik Nasution, Direktur Utama Bank Riau Kepri Irvandi Gustari, serta Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKA Soegijapranata Prof Andreas Lako selaku moderator.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum ASBANDA menyampaikan, optimalisasi penerimaan daerah itu merupakan program dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu juga sebagai turunan dari bagian transformasi BPD yang menekankan aspek good governance, kemampuan untuk menjadi bank yang mendukung pembangunan daerah, mengelola kas daerah, serta meningkatkan pendapatan asli daerah.

Karenanya, ia menekankan, BPD harus mampu menjadi leader dan mentor dengan program transformasi yang sudah berjalan. Ia juga menyampaikan beberapa pencapaian, diantara launching Buku Pedoman Perusahaan (BPP) Kepatuhan, launching Asbanda University, kick off  merger Unit Usaha Syariah (UUS) BPD SI, dan integrasi swicthing BPD SI.