Pemkab Wonogiri Bekerjasama Dengan Bank Jateng Kembali Salurkan BLT-DD Tahap Kedua

WONOGIRI – Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap II. Kembali bekerjasama dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Wonogiri, penyaluran bantuan tersebut dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 22 Juni 2020 sampai dengan 23 Juni 2020 dan masih bertempat di pendopo kecamatan masing-masing.

Dalam kegiatan tersebut selain jajaran Aparatur Pemerintah Desa juga turut hadir membantu dari tenaga medis puskesmas kecamatan, TNI, Polri serta pendamping desa yang ditugaskan dari dinas PMD. Total penerima bantuan langsung tunai dana desa di Kabupaten Wonogiri Tahap II ini sebanyak 35.324 jiwa dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp 25.517.400.000,-.

Penambahan penerima sebanyak 5.549 jiwa dari Tahap I yang sebelumnya 29.775 penerima ini mendapatkan nominal bantuan sebesar Rp 1.200.000,- per jiwa. Dengan penerima yang lain tetap Rp 600.000,-/bulan.

Pembagian BLT-DD dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dengan mengundang penerima secara bergiliran, tempat duduk antrian berjarak aman, menyediakan tempat cuci tangan/hand sanitizer, dan memakai masker.

Dalam pernyataannya, Bupati Wonogiri Joko Sutopo berharap dengan adanya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini bisa membantu ekonomi masyarakat yang saat ini sedang menurun karena efek dari adanya wabah COVID-19 dan semoga upaya dari Pemerintah ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Wonogiri.

Pemimpin Bank Jateng Cabang Wonogiri, Ratna Sulistyawati mengatakan bahwa pihaknya selalu siap mendukung dan membantu Pemerintah dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama dalam kondisi seperti ini.

Beliau dan semua karyawan Bank Jateng berkomitmen akan terus memberikan pelayanan terbaik dalam membantu Pemerintah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini. Hal ini terbukti dengan lancarnya penyaluran BLT-DD Tahap II di semua kecamatan.

Saat ditemui di Pendopo Kecamatan Pracimantoro Wonogiri, Sutijo (65 tahun) yang beralamat di desa Pracimantoro Kecamatan Wonogiri, mengatakan bahwa beliau sangat senang menerima bantuan ini. Beliau sudah menerima dua kali dengan total Rp 1.200.000,- dan juga ucapan terima kasih kepada pihak Bank Jateng karena pelayanan penyaluran sangat cepat dan tetap ramah.

“Semoga semua karyawan Bank Jateng selalu sehat dan terus dapat membantu Pemerintah dalam menyalurkan bantuan kepada kami”, ujarnya dengan tersenyum.