Lomba Dekranasda Batik Carnival 2018 di Purbalingga

Pagelaran Dekranasda Batik Carnival yang dilaksanakan di kawasan alun-alun Purbalingga, Sabtu (27/10) berlangsung meriah. Ratusan penonton memadati kawasan tersebut untuk menyaksikan peserta yang menampilkan berbagai motif dan desain batik khas Purbalingga.

Ketua Panitia Dekranasda Batik Carnival, Edi Suryono,  mengatakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Batik Nasional dilaksanakan untuk nguri-uri budaya. Pasalnya batik  telah diakui dunia sebagai salah satu warisan budaya asli Indonesia. “Juga sebagai ajang promosi agar masyarakat luas mengetahui bahwa Purbalingga memiliki batik-batik lokal yang luar biasa,” ujarnya.

Kreasi Busana Batik yang dikenakan perwakilan Bank Jateng, menjadi jawara pada gelaran tersebut. Bank Jateng Cabang Purbalingga mendapatkan penghargaan sebagai Juara 1. Model busana yang merepresentasikan salah satu tokoh wayang Bima, sanggup menyisihkan model busana batik peserta lainnya, yang sama-sama didesain menggunakan motif batik lokal Purbalingga.

Mengusung tema batik ” Bima Kawijayan Bank Jateng” dengan simbol design batik Wayang Bima dan Batik Lawa khas Purbalingga. Mencerminkan Kejayaan Bank Jateng dan Pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam Bersatu Mensukseksan Pembangunan Daerah.

Ardy_Purbalingga