Launching e-KIR Pengujian Kendaraan Bermotor

Bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional pada tanggal 17 September, Dinas Perhubungan, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Karanganyar telah dilaksanakan launching e-KIR Pengujian Kendaraan Bermotor. Launching e-KIR yang dilakukan oleh Bupati Karanganyar, H.Juliyatmono. Hadir pada acara tersebut H.Robert Christanto selaku Wakil Bupati, Forkompinda, OPD yang terkait, pengurus Organda serta para pengusaha ekspedisi di Kabupaten Karanganyar.

Bupati Karanganyar dalam sambutannya mengatakan bahwa program e-KIR pengujian kendaraan bermotor ini dilakukan untuk memenuhi regulasi dari Pemerintah Pusat dalam rangka implementasi transaksi non tunai, disamping juga untuk menghindari adanya pungli.  Dalam rangka implementasi transaksi non tunai tersebut Dinas Perhubungan, Perumahan dan  Kawasan Pemukiman menggandeng Bank Jateng KC Karanganyar untuk  bekerja sama mensukseskan program e-KIR ini. “Mendaftar tidak perlu antre. Bisa langsung ke bank,”tandasnya.

Dengan telah dimulainya program e-KIR yang di beri nama Si BANTER ( Sistem Bantuan Pembayaran non Tunai Kendaraan Bermotor) oleh Bupati Karanganyar, maka para wajib pajak yang akan melakukan uji Kendaraan Bermotor dapat membayar retribusi di Bank Jateng melalui semua Kantor Cabang Bank Jateng, Internet Banking Bank Jateng, ATM Bank Jateng, Mesin EDC Bank Jateng, ATM Bersama dan Agen DUTA Bank Jateng. Si BANTER dapat diunduh dengan memindai barcode melalui smartphone berbasis Android.

Kerjasama ini merupakan bentuk dari komitmen Bank Jateng KC Karanganyar kepada Pemkab Karanganyar untuk terus meningkatkan pelayanan. Dalam kesempatan itu pula Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar didampingi Pemimpin Cabang Bank Jateng Karanganyar Guirin Nugroho menyerahkan Hadiah ke 1 Undian Tabungan BIMA yaitu berupa 1 Unit Mobil Mitsubishi Xpander kepada pemenang atas nama Suripto. Pemenang merupakan pensiunan Kepala Sekolah Dasar yang payroll gajinya sudah melalui Bank Jateng KC Karanganyar.