Kartu e-Bima Bank Jateng Efektif di Tol, Ribuan SPBU dan Tempat Belanja

Uang elektronik yang diterbitkan Bank Jateng dinamakan Kartu e-Bima, sangat efektif karena diterima di semua ruas tol, ribuan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum), berbagai tempat belanja serta beberapa areal parkir khusus seperti jaringan ISSParking, Secure Parking, Quality Parking, dan Reska Parking.

Kartu dengan gambar tokoh wayang Bima ini juga bisa dipakai untuk melakukan pembayaran di fasilitas angkutan umum seperti Trans Jakarta, Trans Jogja, Batik Trans Solo dan BRT Semarang, untuk pembayaran di jaringan restoran Solaria, Excelso, Es Teler 77, serta beberapa tempat wisata.

Yang patut dicatat, kartu e-Bima pengganti uang tunai hasil co-branding dengan Bank Mandiri ini juga bisa dipakai untuk melakukan pembayaran untuk pembayaran tagihan rutin (Khusus digerai Indomaret) seperti : PLN, Telkom, Indovision, First Media, dan Oto Multi Artha. Yang pasti, dalam kondisi pandemi Covid-19 pemakaian uang elektronik akan mengurangi risiko penyebaran dan penularaan karena pengoperasiannya nirsentuh.
Pemakaian e-Bima dalam setiap transaksi dipastikan tidak memerlukan PIN (kode numerik yang biasa digunakan dalam transaksi finansial elektronik). Juga tidak perlu tanda tangan seperti pemakaian kartu kredit. Cukup ditempel langsung di receiver yang tersedia.

Masyarakat yang ingin memiliki Kartu e-Bima bisa mendapatkannya di konter Bank Jateng, baik untuk dipakai sendiri maupun dipindahtangankan ke orang lain. Untuk mendapatkan e-Bima dikenakan pengganti biaya pembuatan kartu sebesar Rp 20 ribu, biaya top up seribu rupiah dan maksimal saldo Rp 1 juta per kartu.

Dengan fungsinya yang efektif, pemakaiannya yang praktis dan mudah serta logonya yang unit dan khas, tempat pengisian kembali alias top up e-Bima Bank Jateng juga mudah. Selain di konter Bank Jateng dan di ATM Mandiri, penambahan saldo juga bisa dilakukan toko – toko atau merchant retail yang telah bekerja sama di antaranya Indomaret dan Alfagroup. Kini tersedia juga layanan dari mitra yang ada di gerbang tol atau tempat khusus di ruas tol yang disediakan untuk top up.

Banyaknya merchant dan layanan umum yang menerima pembayaran dengan e-Bima, serta kepraktisannya, membuat kartu ini layak dimiliki. Selain manfaatnya, kartu bergambar Bima atau Werkudara ini juga menjadi kebanggaan dan identitas tersendiri.

Kartu e-Bima yang efektif untuk transaksi harian, diterbitkan pertama kali pada April 2015. Penerbitannya bertepatan dengan hari ulang tahun ke-62 Banknya Orang Jawa Tengah. Tujuan diterbitkannya kartu tersebut adalah melengkapi kebutuhan finansial masyarakat, juga untuk mendukung program cashless yang tengah digalakan pemerintah. **