Internet Banking Bank Jateng Jangkau Semua Layanan Publik

Layanan internet banking Bank Jateng mampu menjangkau semua bentuk pelayanan publik yang ada di Jawa Tengah, mulai dari pembayaran di lembaga pendidikan tinggi (universitas, sekolah tinggi dan politeknik), PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), layanan rumah sakit umum (RSU), PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) serta pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB). Namun masyarakat yang membutuhkan sarana untuk pembayaran pelayanan publik juga masih bisa memanfaatkan layanan perbankan konvensional dengan mendatangi konter bank Bank Jateng.

Sebagai sarana transaksi, internet banking Bank Jateng juga bisa dipakai untuk melakukan pengecekan saldo, cek mutasi, transfer. Juga untuk multi payment seperti tiket kereta api, internet, televisi berlangganan, dan penerbangan. “Nasabah Bank Jateng umum maupun yang syariah, semuanya sudah bisa memanfaatkan layanan internet banking,” kata Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno, Senin (5/10/2020).

Menurut Supriyatno yang akrab dipangil Nano ini, keunggulan internet banking Bank Jateng adalah pada kesederhanaannya. Fitur sederhana sehingga mudah dipahami dan diakses dari mana saja, kapan saja. “Selain mudah juga aman. Bahkan ada fitur tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank Jateng,” tambah dia.

Sebagai banknya warga Jawa Tengah, secara prinsip semua pembayaran pelayananan publik di Jateng sudah bisa dilayani baik melalui internet banking. Namun ada beberapa daerah yang masih membutuhkan waktu untuk perbaikan koneksitas datanya.

Ringkasnya, sekarang ini segala fasilitas perbankan ada dalam satu akses dan bisa dinikmati oleh semua nasabah. Prosedur pemanfaatan internet banking Bank Jateng juga sederhana, nasabah hanya perlu membuka ibanking.bankjateng.co.id di browser untuk dapat terhubung. Tentu sebelumnya, kata dia, nasabah wajib mendaftar Internet Banking Personal.

Jika sudah terdaftar, akses bisa dilakukan menggunakan browser Smartphone dan Windows phone atau browser computer. Pemakaiannya sangat mudah dan praktis, sesuai tagline produknya: #Semua Jadi Mudah.

Pengembangan internet banking bagi Bank Jateng selain untuk mendukung upaya pemerintah mengurangi pemakaian uang tunai dan meningkatkan intensitas transaksi nontunai sehingga mengurangi risiko terpapar Covid-19, juga menjadi komitmen untuk memberikan yang terbaik kepada nasabahnya. Di era digital, layanan internet banking adalah sebuah keniscayaan.

Digitalisasi perbankan adalah upaya akselerasi yang dilakukan Bank Jateng untuk menghadapi persaingan. Untuk mendukungnya, selain mempersiapkan sumber daya manusia bidang teknologi informasi Bank Jateng, juga disiapkan cetak birunya. **