Gubernur Dorong Peningkatan Program Jambanisasi, Bank Jateng Bantu 200 Unit Jamban

KENDAL – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendorong Pemkab Kendal untuk semakin meningkatkan program pengadaan jamban bagi warga kurang mampu. Pembuatan jamban itu sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup sehat di masyarakat. Ganjar menyampaikan hal itu dalam acara Silaturahmi Gubernur Jateng dengan Penerima Bantuan dan Penyerahan Bantuan Gubernur 2019 yang digelar di pendapa kabupaten, Kamis (11/4).

Ganjar menyatakan di sejumlah kabupaten/kota di Jateng masih banyak warga yang belum memiliki jamban. Kondisi itu cukup memprihatikan. Warga yang tidak mempunyai jamban sendiri, ada yang buang hajat di rumah saudara, tetangga, bahkan di kali. ‘’Kami mendorong Pemkab Kendal untuk meningkatkan program jamban bagi warga kurang mampu,’’ kata dia.

Dia menyatakan, pembangunan jamban sangat penting, karena selain penanggulangan kemiskinan faktor kesehatan juga turut diperhatikan dengan membuat gerakan Bebas Buang Air Besar Sembarangan. Semua perlu bergerak untuk bisa memberikan kesehatan di setiap kabupaten/kota. ‘’Targetnya yaitu warga Jateng 100 persen bisa memiliki jamban sebagai modal hidup sehat. Hingga kemarin di Jateng masih ada sejumlah daerah yang belum 100 persen Bebas Buang Air Besar Sembangan. Banjarnegara sebagai daerah yang paling banyak warga belum memiliki jamban sehat,’’ tegasnya.

Pemimpin Bank Jateng Cabang Koordinator Semarang, Siti Ulfah, mengatakan, pada acara tersebut pihaknya memberikan bantuan jamban untuk 200 unit sebesar Rp 360 juta dan renovasi rumah tidak layak huni sebanyak 10 rumah di Kabupaten Kendal.

Bantuan tersebut berasal dari CSR Bank Jateng. Penyaluran bantuan berdasarkan kebutuhan yang diajukan Pemkab Kendal. ‘’Selain Kendal, awal tahun ini kami juga membantu renovasi RTLH di Kabupaten Demak. Pada 2018 CRS yang kami salurkan mencapai sekitar Rp 17 miliar yang tersebar di eks Karesidenan Semarang,’’ terangnya.

Bupati Kendal Mirna Annisa, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jateng yang telah banyak membantu pembangunan di Kabupaten Kendal. ‘’Semoga segala bentuk bantuan yang diberikan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat,’’ kata Mirna.