Dinas Koperasi dan Bank Jateng Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

SEMARANG – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang bekerjasama dengan Bank Jateng dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang, Bambang Suranggono, dalam kegiatan “Sosialisasi Pengelolaan Data Tunggal Koperasi dan UMKM , serta literasi Produk Kridakop Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional” di Gerai KopiMi, senin (10/08)

“Untuk pemulihan ekonomi nasional ini, kami turut bekerjasama dengan Bank Jateng menyelenggarakan kegiatan literasi produk untuk kawan-kawan dari koperasi yang membutuhkan kredit” katanya.

Bambang menuturkan, kerjasama itu diharapkan dapat membantu kebutuhan 706 koperasi, dan 18.025 UMKM resmi di Kota Semarang.

Pemimpin Bidang Pemasaran, Adhi Setiawan mengatakan, kerjasama itu bertujuan untuk meningkatkan sinergitas Bank Jateng dengan Pemkot Semarang, khususnya Dinas Koperasi Kota Semarang.

“Dalam hal ini kami memberikan kredit kepada koperasi, yakni berupa dana pinjaman dengan suku bunga yang sangat murah, unutk membantu stimulus perbaikan ekonomi nasional. Nantinya dana pinjaman tersebut bisa diteruskan kepada anggota koperasi” paparnya.

Selain itu ditambahkan bahwa Bank Jateng juga turut mendukung Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dalam pengeloalaan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

Dengan adanya DPLK itu, ke depan koperasi diharapkan semakin kuat
“Dana DPLK ini juga untuk mendukung pengurus koperasi mempunyai tabungan di hari tua, serta diharapkan kedepan dapat meningkatkan kinerja koperasi menjadi lebih baik” terangnya.

Dengan peningkatan sinergitas itu, Adhi menyatakan, tujuan pemulihan ekonomi nasional akibat adanya pandemi Covid-19 diharapkan dapat berjalan dengan baik.