Bank Jateng Wonogiri Sosialisasikan KUR dan Transaksi Non Tunai ke Desa-Desa

WONOGIRI – Bank Jateng adalah Banknya Orang Jawa Tengah, Bank yang tidak hanya mencari keuntungan semata tapi juga turut serta berkontribusi dengan pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan memajukan daerahnya.

Hal ini dibuktikan dengan ditunjuknya Bank Jateng sebagai salah satu Bank yang memfasilitasi kebutuhan penambahan modal usaha masyarakat dengan program KUR.  Program ini disambut baik oleh Bank Jateng, karena bunga KUR yang sebelumnya 7% diturunkan lagi oleh pemerintah menjadi 6%.

Bekerjasama dengan dinas PMD Kabupaten Wonogiri yang akan merealisasikan transaksi gaji non tunai dengan Bank Jateng, merupakan moment yang pas untuk sekaligus mensosialisasikan program KUR ini ke masyarakat dan perangkat desa.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Camat Wonogiri, Lurah dan Perangkat Desa se-Kecamatan Wonogiri hadir pula dari TNI dan Kepolisian bertempat di Kelurahan Giripurwo Wonogiri, (27/02).

Bank Jateng yang diwakili oleh Agus Sunaryo selaku Ketua Tim Pemasar beserta stafnya menyampaikan, ’’KUR saat ini bunganya sangat rendah yaitu 6%, diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengembangkan usahanya serta Bank Jateng siap melayani konsultasi sampai ke desa-desa dan diharapkan perangkat desa dan kecamatan yang saat ini telah hadir dapat menyampaikan juga informasi ini ke tetangga, saudara dan masyarakat sekitar.”

Pada kesempatan itu, Camat Wonogiri, Joko Purwidyatmo, juga menyampaikan dukungannya terhadap program KUR dikarenakan dapat memajukan perekonomian masyarakat dan mampu meminimalisir ketergantungan masyarakat pada bank plecit (reintenir).

Di kesempatan yang sama, Lurah Giripurwo, Tumino juga menyambut baik tentang transaksi non tunai ini. Yang mana gaji perangkat desa akan masuk melalui masing-masing rekening di Bank Jateng.

Selain memudahkan bendahara, perangkat desa juga dapat menikmati fasilitas dari Bank Jateng seperti kredit maupun tabungannya.

Di akhir sosialisasi juga disampaikan oleh Handoyo, salah satu anggota tim pemasar Bank Jateng bahwasannya BUMDES di Kabupaten Wonogiri telah terdaftar menjadi AGEN DUTA LAKU PANDAI BANK JATENG, sehingga diharapkan dengan AGEN DUTA yang telah ada, lebih memudahkan transaksi perbankan di desa desa.

Seperti pembayaran PBB,Listrik,pdam, tarikan, dan setoran tabungan juga dapat dilayani disana.

Sosialisasi berlangsung sangat komunikatif dengan adanya sesi tanya jawab dari undangan yang hadir.