Bank Jateng Wonogiri Rangkul Bumdes Sebagai Agen Duta Laku Pandai

Laku Pandai atau Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif adalah program penyediaan layanan perbankan dan atau layanan keuangan lainnya melalui kerjasama dengan pihak lain (agen) dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi. Bank Jateng memiliki Agen Laku Pandai yang disebut dengan Agen Duta Bank Jateng singkatan dari “Depot Uang Transaksi Aman”.

Agen Laku Pandai akan tersebar di seluruh Jawa Tengah terutama yang jauh dari jangkauan layanan kantor Bank Jateng. Agen tersebut menyediakan produk-produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum dapat menjangkau layanan keuangan saat ini. Diharapkan akan dapat memperlancar kegiatan ekonomi masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antar wilayah di Indonesia terutama antara desa – kota.

Bank Jateng Cabang Wonogiri dalam rangka memperluas pelayanan pada nasabah, membentuk Agen Duta Laku Pandai. Bertempat di Kantor Cabang Bank Jateng Wonogiri dilakukan sosialisasi kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang berada di Kabupaten Wonogiri (22/01/2020)

“Dengan adanya sosialisasi Agen Duta Laku Pandai kepada Bumdes di wilayah Kabupaten Wonogiri diharapkan perekonomian di wilayah Kabupaten Wonogiri dapat berkembang lebih baik,” demikian disampaikan Murdiyo sebagai pembicara dari Divisi Jaringan dan Jasa Layanan Bank Jateng,

Dia menuturkan dengan adanya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai Agen Duta Laku Pandai, diharapkan masyarakat di pedesaan dapat melakukan transaksi lebih cepat dan lebih efisien waktu.

“Ini karena fitur Duta Laku Pandai versi 2 lebih lengkap dibanding dengan versi 1. Contohnya nasabah dapat melakukan transaksi tarik tunai dan setor tunai, transfer, pembelian pulsa, pembayaran PDAM, pembayaran listrik, pembayaran telpon, PBB, BPJS dan sebagainya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menambahkan dengan adanya Bumdes yang menjadi Agen Duta Laku Pandai diharapkan dapat meningkatkan penghimpunan dana pihak ketiga dan dapat mempromosikan Bank Jateng di seluruh pelosok Kabupaten Wonogiri.

Dalam acara tersebut hadir Wakil Pemimpin Cabang Wonogiri Bambang Setijono serta diikuti 22 Bumdes di Kabupaten Wonogiri untuk menerima pelatihan untuk menjadi Agen Duta Bank Jateng.