Bank Jateng Surakarta dan Korem 074/Warastratama Bersinergi Untuk Penanganan Pencegahan Virus Covid-19

SURAKARTA – Di tengah-tengah masa pandemi covid-19 ini, para tentara Detasemen Peralatan (Denpal), tidak hanya sibuk melakukan aktivitas memperbaiki peralatan tempur saja, tetapi juga dengan sigap memproduksi Face Shield dan alat cuci tangan tanpa menyentuh alat tersebut guna melindungi diri dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Danrem 074/Warastratama Brigjen TNI Rafael Granada Baay dan Pimpinan Bank Jateng Cabang Koordinator Surakarta Djaka Nur Sahid terjun langsung dalam peninjauan proses produksi Face Shield di Denpal IV /4 Surakarta, Rabu (29/4/20).

“Pandemi corona yang sedang terjadi saat ini memang sangat memprihatinkan, kebetulan kami memiliki personil prajurit, ide dan kemampuan sehingga munculah kreativitas untuk membuat Face Shield ini untuk membantu rumah sakit dan instansi Pemerintah,” ujar Danrem Rafael.

Ide dan Produk dari Korem 074/Warastratama ternyata disambut baik oleh Pemimpin Bank Jateng Cabang Koordinator Surakarta Djaka Nur Sahid.

“Bank Jateng Surakarta sangat bangga bisa bergabung dengan Korem 074/Wrt dalam kegiatan produksi Face Shield guna menangani wabah Covid-19 ini, dan setelah kami lihat langsung bagaimana proses pembuatan Face Shield dan alat cuci tangan tersebut, untuk Bank Jateng Peduli pada tahap awal Bank Jateng Surakarta akan memesan 1.000 unit Face Shield dan 50 Uunit alat pencuci tangan yang nantinya akan kami distribusikan ke rumah sakit terutama rumah sakit yang diberikan wewenang menangani Covid-19 ini,” papar beliau.

“Untuk alat pencuci tangan itu sendiri, kita sedang tahap finishing. Kalau sudah jadi nanti sebagian akan di pasang di fasilitas-fasilitas umum. Wastafel modifikasi ini unik, untuk mengucurkan air tidak perlu pakai tangan, hanya dengan menginjak pedal dibagian kiri bawah, dan untuk mengeluarkan sabun cukup menginjak pedal bagian kanan bawah,” tambahnya.

Danrem 074/Warastratama menambahkan, Korem 074/Wrt juga membuat dapur umum yang siap mendistribusikan paket nasi kotak siap saji sebanyak 1000 kotak untuk buka puasa dan sahur setiap hari kepada warga tak mampu yang terdampak virus Covid 19 ini, yang mana juga mendapat support dari Bank Jateng sebesar 10 Juta Rupiah, dimana pendistribusian tersebut dilaksanakan oleh Babinsa, Babhinkamtibnas dan RT wilayah setempat diawasi oleh Danramil dan Kapolsek setempat agar tepat sasaran.

“Dan semoga segala bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi masyarakat, dan untuk masyarakat sendiri diharapkan tetap berhati-hati, selalu menjaga kesehatan dan selalu berdoa agar selalu diberi kekuatan dalam menghadapi pandemi virus corona seperti ini,” tutup Pimpinan Bank Jateng Cabang Surakarta Djaka Nur Sahid.