bank jateng blora air bersih

Bank Jateng Salurkan Air Bersih di Kabupaten Blora

BLORA – Bank Jateng Cabang Blora bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan bantuan air bersih untuk warga yang terdampak kekeringan di wilayah Kabupaten Blora. Jumlahnya sebanyak 20 tangki (satu tangki kurang lebih 5.000 liter).

”Bank Jateng Cabang Blora sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ikut terpanggil dalam kegiatan kemanusiaan membantu warga yang terdampak kekeringan,” ujar Pimpinan Bank Jateng Cabang Blora Rudatin Pamungkas saat penyerahan secara simbolis bantuan air bersih di Kelurahan Jepon, Senin (17/9).

Rudatin mengharapkan bantuan air bersih sebanyak 20 tangki untuk sejumlah desa di Blora tersebut dapat meringankan beban warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih saat puncak musim kemarau seperti sekarang ini.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Blora Sri Rahayu mengapresiasi bantuan air bersih dari Bank Jateng itu. Dia pun mengimbau kepada para pihak lainnya untuk turut serta mengulurkan tangan dengan memberikan bantuan air bersih kepada warga yang membutuhkan.

”BPBD siap mendistribusikan bantuan tersebut. Dengan koordinasi yang baik, bantuan air bersih akan tepat sasaran,” tandasnya.

Warsi, salah seorang warga Kelurahan Jepon terlihat antusias menyambut kedatangan truk pengangkut bantuan air bersih dari Bank Jateng. Dua buah jerigen berukuran besar dibawanya keluar rumah.

Sekejap kemudian, dia membawa kembali jerigen tersebut ke dalam rumah, namun dengan beban yang lebih berat karena telah terisi air.

”Lumayan untuk persediaan air di rumah,” tuturnya. Dia mengaku selama ini kesulitan mendapatkan air bersih. Debit air di sumur di belakang rumahnya berkurang drastis karena musim kemarau yang cukup panjang.

”Air harus benar-benar dihemat. Air sumur hanya cukup untuk mandi. Dengan adanya bantuan air ini, tentu kami sangat senang sekali,” tandasnya.