Bank Jateng Raih Penghargaan Titanium Trofi

Yogyakarta. Bank Jateng meraih penghargaan Titanium Trofi dalam acara malam penganugerahan 23th Infobank Awards 2018 di Ballroom Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta, Selasa (14/8) malam. Trofi ini diberikan kepada Bank Jateng yang berhasil meraih predikat ‘Sangat Bagus’ selama 15 tahun berturut-turut. Penghargaan diberikan Wakil Pemimpin Redaksi Majalah Infobank Karnoto Mohamad dan diterima langsung oleh Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno.

Menurut Supriyatno, Infobank Awards adalah salah satu penghargaan prestisius mengenai kinerja perbankan, dan khusus bank BPD, Bank Jateng selalu berada di papan atas. Makna dari penghargaan ini bagi Bank Jateng, selain harus tetap sehat dan solid, juga harus terus tumbuh. “Dalam 4 tahun terakhir aset Bank Jateng tumbuh 2 kali lipat, dari Rp 30 triliun menjadi Rp 64 triliun sekarang,” ujarnya.

Dikatakan Supriyatno, penghargaan ini di satu sisi memang menggembirakan, namun disisi lain juga menjadi peringatan (warning) bagi Bank Jateng, bahwa menjadi bank dengan aset diatas Rp 50 triliun, Bank Jateng adalah bank yang besar. Sehingga pihaknya tidak main-main dalam peningkatkan kualitas, terutama sumber daya manusianya. “Membesarkan bank menjadi tidak ada artinya tanpa diikuti peningkatan kualitas SDM,” ucapnya.

Dijelaskan Supriyatno, SDM berkualitas tidak hanya sekadar cerdas dalam urusan perbankan saja, tapi juga menguasai teknologi. Di era kemajuan informasi seperti saat ini, tanpa penguasaan teknologi digital, bank akan tergilas oleh industri-industri lain. Oleh karenanya Bank Jateng akan memanfaatkan Financial Technology (FinTech) serta pengembangan jaringan.

Disinggung mengenai pembangunan infrastruktur seperti akan beroperasinya Bandara Baru New Yogyakarta International Airprot (NYIA) di Kulonprogo dan pembangunan jalan tol Yogya-Jawa Tengah, menurut Supriyatno, Jateng dan DIY akan menjadi masa depan Indonesia. Keberadaan NYIA selain akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat DIY juga masyarakat Jateng Selatan. “Bank Jateng akan ikut berperan bersama bank-bank nasional dalam hal pembiayaan, termasuk pembiayaan rumah sakir dan kredit Pemda. Kita juga akan bersinergi sengan Bank BPD DIY dalam peningkatan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.