Bank Jateng Raih Infobank Awards

JAKARTA – Untuk kesekian kali, Bank Jateng kembali meraih predikat bank terbaik tingkat nasional, Kali ini Bank Jateng menyabet penghargaan Titanium Throphy dari majalah Infobank dalam anugerah “Infobank Awards 2019”. Penghargaan itu diterima Bank Jateng sebagai bank dengan kinerja keuangan “sangat bagus” selama lima belas tahun.

Penghargaan diterima Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Hanawijaya di Jakarta, akhir pekan lalu.

“Ini kan berarti bank yang sudah mendapat 15 tahun laba atau profit. Berkinerja bagus salah satu penilaiannya adalah profit yang konsisten tiap tahun,” ungkap Hanawijaya seusai menerima penghargaan tersebut.

Pada kesempatan itu dia mengaku bersyukur Bank Jateng tetap dapat mempertahankan prestasi kinerjanya dan bisa memegang amanah pemegang saham dalam hal ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng).

“Kami memberi kontribusi ke pemegang saham karena dividen pay out ratio hampir di kisaran 50% laba masuk ke pendapatan daerah, masuk ke pemegang saham,” kata Hanawijaya.

Beliau menambahkan, ke depan Bank Jateng akan terus berinovasi terutama dalam hal digital di tengah perkembangan industri 4.0. Menurut Beliau, Bank Jateng akan mengembangkan enhancement core banking yakni Aplication Protocol Interface (API) yang menjadi salah satu pintu masuk Bank Jateng ke era digitalisasi. “Dengan memperbaiki core banking kita bisa kerja sama dengan fintech, marketplace, asuransi itu yang sedang kita lakukan,” imbuhnya.

Salah satu bentuknya, menurut dia, adalah membuat aplikasi bagi nasabah aparat sipil negara (ASN) sebagai jangkar utama Bank Jateng. Ke depan, Bank Jateng mengharapkan ada aplikasi bagi ASN untuk mengurus kebutuhannya. Salah satunya dalam mendapatkan kredit, “Jadi tidak perlu selalu tatap muka, tatap muka hanya ketika akad kredit,” ujarnya.

Adapun terobosan digital lainnya, lanjut Hanawijaya, adalah internet banking dan mobile banking dalam waktu dekat. Selain itu, ATM Bank Jateng juga sudah bisa beroperasi 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.

“Kita hanya butuh empat jam proses end off day, itu salah satu hasil digitalisasi,” ungkap Hanawijaya.

Sebagai informasi, penghargaan “Infobank Awards 2019″ diberikan berdasarkan hasil rating terhadap 114 bank di Indonesia yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank. Penilaian dilakukan pada kinerja keuangan perusahaan berdasarkan laporan keuangan tahun 2017 dan 2018, Ada empat pendekatan yang digunakan Biro Riset Infobank untuk merating 14 bank, yakni pendekatan rasio keuangan penting, pertumbuhan, good corporate governance (GCG), dan profil risiko,

Hasil rating, dari 114 bank, 65 bank berhasil meraih predikat “sangat bagus”, 26 bank berpredikat “bagus”, 13 bank berpredikat “cukup bagus”, dan tiga bank berpredikat “tidak bagus”.