Cabang Devisa Yogyakarta

Bank Jateng Berikan Kemudahan Pembiayaan Ekspor Impor

Bank Jateng kembali buka Layanan Devisa ketujuh di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pembukaan tersebut merupakan salah satu kiat memperluas pangsa pasar, setelah sebelumnya enam cabang lainya resmi dibuka di beberapa kota di Jawa Tengah.

Peluncuran digelar pada Jumat (28/9), di Hotel Alena Yogyakarta. Hadir dalam acara tersebut di antaranya Sekda DIY, Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM, Kepala Perwakilan BI DIY, Kepala OJK DIY, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Direktur Utama Bank Jateng, dan Ketua Dewan Penasehat Kadin DIY.

Terkait hal itu, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno mengatakan, salah satu alasan dibukanya layanan transaksi luar negeri di DIY mengingat potensi daerah tersebut yang luar biasa, yakni merupakan pusat bisnis, Pariwisata, dan Pendidikan. Selain itu, di dukung dengan adanya bandara baru di Kulonprogo.

“Harapannya dengan dibukanya Layanan Devisa tersebut, dapat mendorong roda perekonomian yang memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah Yogyakarta. Selain itu juga dapat memfasilitasi para pelaku UKM,” katanya.

Ditanya soal target, Supriyatno mengungkapkan selain deposito valas, juga pengembangan remitansi dan layanan perdagangan menggunakan letter of credit.

Selain itu, Pihaknya juga akan intens memberikan edukasi dan pelatihan kepada para pelaku UMKM tentang proses perdagangan internasional. (is)