Antisipasi Lonjakan Transaksi Marketplace Bank Jateng Perkokoh Bima Mobile

Jakarta – Nilai transaksi marketplace di tahun 2020 melonjak sangat pesat di atas prediksi Bank Indonesia (BI). Total nilai transaksi marketplace dari Januari sampai November 2020 menurut catatan BI nilainya mencapai Rp 268,88 triliun, sementara perkiraan BI total transaksi tahun 2020 ini sebesar Rp 253 triliun.

Mengantisipasi pertumbuhan marketplace tersebut, Bank Jateng memperkokoh layanan mobile banking yang dikelolanya, yaitu Bima Mobile sebagai layanan bagi nasabahnya untuk bertransaksi di marketplace. Dengan Bima Mobile nasabah Bank Kebanggaan Orang Jawa Tengah bisa melakukan transaksi secara cepat, praktis, mudah, aman dan nyaman di marketplace.

Bima Mobile merupakan mobile banking yang disiapkan untuk memberikan pilihan layanan perbankan kepada seluruh nasabah Bank Jateng. Produk layanan ini bisa diperoleh dengan sarana smartphone yang terhubung dengan internet.

Sebagai layanan digital, nasabah yang ingin memakai Bima Mobile perlu melakukan registrasi dan aktivasi yang dimulai dengan mendowonload aplikasinya di Android maupun Apple. Untuk pemakai Android, aplikasi Bima Mobile bisa diakses di google play, lantas cari aplikasi Bima Mobile dan kemudian masuk dam temukan dan piluh Bima Mobile.

Untuk pengguna Apple, nasabah bisa mendapatkannya dengan masuk ke app store, search aplikasi Bima Mobile, atau masuk ke kategori Finance, kemudian temukan dan pilih Bima Mobile. Adapun perangkat lunak yang dipakai minimal menggunakan IOS 8.

Registrasi juga bisa dilakukan di ATM Bank Jateng dan layanan kantor operasional yang ada. Ada dua langkah penting yang perlu dilakukan setelah registrasi, yaitu Aktivasi Finansial melalui aplikasi Bima Mobile dan login aplikasi Bima Mobile .

Beberapa keuntungan yang diperoleh dengan memanfaatkan Bima Mobile di antaranya akses mudah karena cukup nomer handphone dan Password sudah bisa mengakses layanan; melakukan pengecekan mutasi rekening dan memilih rekening yang akan diaktifkan atau disembunyikan di dalam aplikasi; transfer secara realtime baik ke rekening sendiri, rekening lain di Bank Jateng maupun yang ada di bank lain; dan mendapatkan resi atau bukti transaksi secara mudah.

Keuntungan lain yang diperoleh adalah bisa melakukan transaksi bukan hanya di marketplace, tapi juga bisa dipakai untuk melakukan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) dan memberli pulsa. Yang pasti sarana ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan penarikan tunai tanpa kartu, dan nasabah diberi informasi notofikasi transaksi pada inbox aplikasi.

Adapun syarat umum pengunaan Bima Mobile selain memiliki rekening tabungan di Bank Jateng dan memiliki karu ATM Bank Jateng, sudah pasti harus memiliki nomer handphone yang didaftarkan. Jika handphone yang dipakai memiliki dual simcard, yang didaftarkan adalah nmer di slot sim 1. Diingatkan bagi pengguna Bima Mobile agar Smartphone saat dipakai tidak dalam kondisi root atau jailbreak guna mengantisipasi perangkat tidak dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. **